STRATEGI BARU MOTOROLA


tahukah anda bahwa HP yang sempat booming di daerah eropa pada era  90-pertengahan 2009 ini merupakan produk yang di backup  oleh perusahaan mesin pencarian terbesar didunia yaitu GOOGLE.
Meski sempat di gemari dan menjadi salah satu ponsel genggam terlaris dieropa bukan berarti karir Motorola mulus sampai akhir. Sebelumnya, Perusahaan ini menghasilkan berbagai macam produk-produk telekomunikasi. Mempekerjakan 66.000 pekerja pada tahun 2006.semenjak produk-produk smartphone seperti blackberry muncul, motorola mulai kehilangan pelanggan-pelanggan ponselnya dan kehilangan $4,3 miliar dari tahun 2007 hingga 2009, perusahaan ini dibagi menjadi dua perusahaan publik yang independen, Motorola Mobility dan Motorola Solutions pada tanggal 4 Januari 2011.
sebelumnya motorola memilih kaum adam sebagai target pasar mereka karena kebanyakan dari produk motorola memiliki tambahan spec seperti tahan banting dan tahan air yang kental akan jiwa adventure. meskipun telah di gandeng perusahaan sebesar google tidak berarti Motorola bisa terus bertahan dipasaran.
Pada tahun 2014 google telah menjual Motorola kepada Lenovo dan Kebijakan manajemen Motorola menggandeng Lenovo terbukti jitu. Setelah kerjasama pada 2014 lalu, penjualan smartphone produksi Motorola terbilang sangat fantastis.
Total, Motorola berhasil menjual sepuluh juta smartphone pada kuartal akhir 2014 lalu. Laman 9to5google, Rabu (4/2), menulis, berdasarkan laporan dari Motorola Mobility, penjualan mengalami kenaikan sebesar 118 persen dibandingkan kuartal yang sama pada tahun sebelumnya.

Lenovo tidak memberikan informasi secara detail tentang jumlah masing-masing smartphone Motorola yang terjual pada kuartal terakhir. Sebagian besar smartphone yang terjual cukup laris adalah Moto X atau Moto G. Penjualan yang meningkat itu tak lepas dari harga murah Moto G, yakni sekitar Rp 2,3 juta. Kemitraan perusahaan dengan Google untuk menggarap Nexus 6 juga mungkin menyumbang pendapatan dari penjualan sepuluh juta perangkat tersebut.
Memang pada dasarnya masyarakat saat ini sangat tertarik akan produk-produk smartphone yang dikeluarkan oleh perusahaan laptop seperti Asus. Menggunakan System Operasi berbasis Android dan dengan harga smartphone ringan dikantong terbukti sukses mengangkat nama Motorola kembali.

0 comments:

Post a Comment